Pengiriman Alat Berat

Sebagai salah satu perusahaan yang melayani jasa pengiriman kendaraan , selain mengirimkan kendaraan, Seara pun melayani jasa pengiriman alat berat.

Pengiriman dilakukan bukan hanya di dalam kota tapi hingga antar pulau.

Untuk ini, Seara akan berbagi sedikit pengetahuan tentang alat berat.

Mulai dari jenis, biaya hingga prosedur pengiriman alat berat.

Alat Berat

Alat berat adalah mesin yang berukuran besar dan didesain untuk melaksanakan fungsi konstruksi seperti pengerjaan tanah serta untuk memindahkan bahan bangunan.

Alat berat terdiri atas lima komponen, yaitu implemen, alat traksi, struktur, sumber tenaga dan transmisinya, serta sistem kendali.

Alat berat merupakan faktor penting didalam proyek, terutama proyek-proyek konstruksi maupun pertambangan dankegiatan lainnya dengan skala yang besar.

Meningkatnya pengiriman  alat berat  menunjukan indikator yang posif. Hal ini tidak lepas dari perkembangan industri pertambangan di Indonesia khususnya di wilayah Kalimantan.

Bermacam tipe Alat berat yang dikirimkan ke Kalimantan melalui jalur laut dari Jakarta.

Excavator merupakan jenis alat berat yang paling sering dikirim selain dump truk,dozer,wheel loader dan lain lain.

Merk Alat berat juga bervariasi seperti Komatsu, Caterpillar, Hitachi, Volvo, Kobelco, Summitomo dan juga alat berat produksi China seperti Sany, Wirtgen, XCMG   yang ikut berperan dalam industry pertambangan di Indonesia.

Jasa Pengiriman alat berat di Jakarta juga tidak dapat di abaikan perannya dalam pertumbuhan bisnis pertambangan.

Dengan kontribusi dan peran aktif merekalah pengiriman alat berat dapat menjangkau seluruh lokasi site di berbagai daerah .

Khusus wilayah Kalimantan pengiriman Alat berat dari Jakarta dilakukan menggunakan kapal Roro, selain harga yang relative murah,kapal roro juga mempunyai jadwal yang regular setiap seminggu sekali minimal dan juga perjalanan kapal yang cepat sekitar 4-5 hari saja.

Berapa biaya kirim alat berat dari Jakarta ke Kalimantan?

Perhitungan harga untuk pengiriman alat berat  ditentukan oleh beberapa hal :

  • Jenis Alat Berat , Merk & Type ( Misal : Excavator Caterpillar 320 D )
  • Alat Transportasi ( via Kapal Roro/Container/Kapal LCT )
  • Harga Unit Alat Berat ( untuk meghitung biaya premi asuransi alat berat )
  • Pelayanan, apakah Door to door service atau hanya Port to port saja karena jika layanannya door to door ,maka dibutuhkan tambahan biaya trucking untuk mobilisasi dari lokasi pengambilan alat ke pelabuhan kota asal dan trucking untuk pengantaran unit alat berat dari pelabuhan tujuan ke lokasi penambangan.
  • Alamat lengkap untuk pick up unit di kota asal dan Alamat pengantaran unit di kota tujuan.

Jika semua detail sudah lengkap anda bisa kirimkan email ke : customer-support@seara.co.id atau via whatsap direct ke nomor telepon 081399244439  menghubungi bapak Berry

Kami akan menghitung ongkis kirim alat berat sesuai spesifikasi yang kami terima.

Sebagai contoh pengiriman dari pelabuhan tanjung Priok Jakarta ke lokasi pertambangan di Samarinda , untuk pengiriman 1 unit Wheel loader membutuhkan biaya sekitar Rp 40 juta hingga 45 juta rupiah (Port to Door Service).

Pengiriman menggunakan Kapal Roro dari pelabuhan tanjung priok Jakarta ,kemudian berangkat menuju kota Banjarmasin sebagai pelabuhan transit yang memakan waktu sekitar 3-4 hari, setelah proses bongkar muat kapal langsung berangkat lagi menuju destinasi berikutnya yaitu kota Balikpapan dengan pelabuhan semayang sebagai tempat bersandar nya kapal,dengan memakan waktu sekitar 1-2 hari.

Proses bongkar unit dari Kapal selesai langkah selanjutnya adalah menaikkan unit wheel loader ke truck , untuk proses mobilisasi ke kota samarinda.

Truck untuk mengangkut alat berat ini di namakan selfloader berjenis tronton 10 roda atau low bed  yang setipe ukurannya dengan trailer.

Perjalanan dari Balikpapan menuju Samarinda dilakukan pada waktu malam , dikarenakan ukuran kendaraan yang begitu besar hingga dibuat aturan agar kondisi lalu lintas tidak terganggu .

Perkiraan perjalanan dari Balikpapan ke Samarinda sekitar 4-6 jam jika menggunakan truk besar seperti selfloader atau lowbed.

Jika Anda seorang pebisnis yang bergerak di bidang pertambangan batubara , perkebunan sawit atau pun bisnis apapun yang dalam pekerjaannya membutuhkan alat berat,segera konsultasikan dengan kami!

Kami turut senang jika bisa membantu Anda menjadi lebih sukses dari bisnis anda sebelumnya, hubungi customer service kami di :+6287871744439 (Pak Berry)  atau kunjungi kantor pusat kami di

CV Seara

Tytyan Kencana, Jl. Fatahillah

Blok A3 No.1,

Bekasi Utara