Apakah Perlu Menggunakan Asuransi Pengiriman Barang?

Apakah jasa pengiriman barang membutuhkan asuransi?

Bukankah sudah tugas jasa pengiriman barang untuk memastikan barang yang akan dikirim dalam kondisi baik dan selamat sampai tujuan? Sebenarnya hal tersebut memang benar adanya. Namun, terkadang terjadi hal yang tidak diinginkan seperti terjadi kerusakan atau bahkan barang kiriman hilang tanpa sebab.

Pihak jasa pengiriman barang biasanya hanya akan mengganti rugi sebesar 10 kali lipat dari biaya pengiriman. Misalnya saja Anda membayar biaya pengiriman sebesar Rp30.000. Ketika barang tersebut hilang, maka ganti rugi yang diberikan adalah sebesar Rp300. 000. Namun jika barang yang dikirim hanya seharga Rp150. 000 maka ganti rugi hanya diberikan sesuai dengan nominal barang.

Namun, akan berbeda jika harga barang yang Anda kirim memiliki harga yang mahal. Ganti rugi hanya akan dikenakan sesuai dengan aturan, maksimal 10 kali biaya pengiriman. Untuk itulah asuransi pengiriman barang sangat dibutuhkan untuk barang yang memiliki harga mahal.

Memahami Asuransi Pengiriman Barang

Asuransi pengangkutan barang adalah suatu upaya atau bentuk pertanggungan yang memberikan jaminan atau proteksi terhadap kerugian maupun kerusakan atau kehilangan keuntungan yang terjadi atas barang-barang yang di kirim.

Mengapa asuransi pengangkutan barang diperlukan?

Pada mulanya kita berpendapat bahwa barang yang ingin kita kirim melalui ekspedisi atau perusahaan transportasi, apabila terjadi kerusakan atau kerugian, maka pihak ekspedisi yang harus bertanggung jawab.

Namun pada kenyataannya, pihak ekspedisi kebal terhadap segala tuntutan kerugian yang disebabkan atau ditimbulkan karena adanya bahaya-bahaya yang bersifat accidental.

Adapun aturan organda menyebutkan, biaya ganti rugi hanya 10x dari total biaya pengiriman.

Oleh karena itu pihak yang ingin mengirim barang lah yang harus mengurus mengenai jaminan terhadap barangnya.

Adapun pengelompokan asuransi pengangkutan barang antara lain :

Asuransi pengangkutan laut
Asuransi yang memberikan jaminan atau proteksi terhadap kerugian atau kerusakan atas barang akibat adanya bahaya-bahaya laut yang terjadi dalam masa pengangkutan melalui laut.
Asuransi pengangkutan udara
Asuransi yang memberikan jaminan atau proteksi terhadap kerugian atau kerusakan atas barang akibat adanya bahaya-bahaya udara yang bersifat accidental yang terjadi dalam masa pengangkutan melalui udara.

Asuransi pengangkutan darat
Asuransi yang memberikan jaminan atau proteksi terhadap kerugian atau kerusakan atas barang akibat adanya bahaya-bahaya darat yang bersifat accidental yang terjadi dalam masa pengangkutan melalui darat.

Selain dari jenis pengangkutan, perlu diperhatikan bahwa asuransi pengiriman barang memiliki tipe-tipe cover ganti rugi yang berbeda.

Apa saja jaminan asuransi pengiriman barang?

1. ACC-A / Klausa A
Mengganti rugi barang yang memiliki kerusakan sebagian atau keseluruhan (total loss) dengan jangkuan jenis kerusakan yang paling luas

2. ACC-B / Klausa B
Mengganti rugi barang yang memiliki kerusakan sebagian atau keseluruhan (total loss) dengan jangkuan jenis kerusakan yang terbatas dan kurang dari ACC-A

3 . ACC-C / Klausa C
Mengganti rugi barang yang memiliki kerusakan sebagian atau keseluruhan (total loss) dengan jangkuan jenis kerusakan yang terbatas dan kurang dari ACC-B

Pastikan ketika memilih asuransi barang untuk teliti melihat perbedaan klausa A, B dan C dari perusahaan asuransi kargo atau pengiriman.

Daftar perusahaan asuransi pengiriman barang

1. Aswata
Asuransi pengangkutan barang lokal dengan jangkauan nasional dengan nilai klaim yang sedang.

2. Tokio Marine
Perusahaan asuransi dari Jepang yang fokus pada  pengangkutan barang yang memiliki nilai besar

3. ABB
Perusahaan asuransi gabungan yang memiliki cover asuransi barang hingga 10 Milyar rupiah.

4. Fairfax
Perusahaan asuransi dari Canada yang memiliki kantor di Kuningan, yang memiliki cover asuransi terhadap barang bernilai kurang dari 1 Milyar rupiah

5. ACA
Menyediakan asuransi terhadap jasa pengiriman barang yang bersifat sekali trip dan memiliki nilai dibawah 1 milyar rupiah

Apa saja yang harus diketahui?

Ketika anda siap untuk menggunakan jasa asuransi untuk pengiriman barang anda, pastikan beberapa hal yang wajib diperhatikan

1. Besaran premi
2. Biaya admin = total loss (biasanya 1% dari anda dan 99% dari perusahaan asuransi)
3. Syarat untuk klaim
4. Berapa lama proses klaim

Tentunya proses untuk pemilihan asuransi barang perlu teliti dan sesuai dengan kebutuhan anda.

Bila anda ingin melakukan pengiriman barang, mulai dari kirim sepeda motor, mobil, sewa truk, pindahan hingga kontainer dengan asuransi, cukup klik:

Keuntungan Mengasuransikan Barang Kiriman Dan Biaya

Untuk mengasuransikan barang yang akan dikirim, setiap jasa pengiriman memiliki harga yang berbeda. Biasanya mulai dari 0,2%-10% x nilai barang. Selanjutnya, untuk barang yang diasuransikan memiliki ketentuan agar dipacking dengan baik. Misalnya harus dilapisi kayu atau sejenisnya.

Keuntungan mengasuransikan barang yang akan dikirim, tentu saja Anda bisa merasa aman. Jika barang yang dikirim hilang atau rusak secara fisik, akan diganti oleh pihak asuransi. Ini akan sangat menguntungkan jika Anda melakukan pengiriman internasional. Apalagi jika barang yang dikirim berupa kendaraan mewah yang rentan tentu mahal harganya. Pengiriman Darat atau pengiriman laut akan aman jika menggunakan asuransi.